Skip to main content

Programmer Komputer Pertama di dunia..

Selama ini saya selalu bertanya, siapakah programmer pertama di dunia ini, siapa dia, darimana asalnya, makan dan minumnya apa sih..hehe.. Setelah mencari dengan waktu yang lumayan sebentar, terus mencari dan mencari.. hingga akhirnya ketemu artikel yang membahas programmer pertama di dunia.. terima kasih mang gugel, halagh...

Inilah programmer pertama di dunia, ternyata seorang Wanita dan seorang Countess.
Beliau bernama "Ada Lovelace". Dan ternyata tiap tanggal 10 Desember Pada logo Google menggambarkan sosok dari "Ada Lovelace" yang merupakan Programmer Komputer Pertama di Dunia.


Siapakah Ada Lovelace..?
Ada Lovelace lahir pada 10 Desember 1815, wanita yang memiliki nama lengkap Augusta Ada King ini merupakan putri dari George Gordon Byron dan Annabella.
Ayahnya adalah seorang penyair yang terkenal pada masa itu.
Tetapi Ada Lovelace tidak pernah mengenal ayahnya karena pernikahan Byron dan Annabella yang singkat.
Saat kecil, Ada Lovelace kurang mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari ibunya, dan yang lebih perhatian justru neneknya yang bernama Judith Milbanke, sehingga ia diasuh oleh neneknya.
Ada sering sakit-sakitan dan bahkan ia pernah lumpuh hampir 1 tahun dan harus berjalan menggunakan kruk pada 1831.


Inilah Yang Membuat Ada Lovelace Menjadi Matematikawan
Semasa kecilnya, Ada Lovelace sudah dilatih oleh Annabella, ibunya untuk lebih sering menggunakan otak kirinya. Hal itu juga didukung terhadap kegemarannya dibidang matematika. Ketika berusia 17 tahun, kemampuan Ada dalam hal hitung menghitung mulai terlihat. Salah satu guru Ada, Augustus De Morgan, menyarankan agar Ada Lovelace lebih diarahkan ke bidang tersebut karena memiliki bakat yang luar biasa dalam dirinya.

Pertemuannya dengan Charles Babbage menjadi awal dari meroketnya nama Ada. Babbage sendiri adalah matematikawan asal Inggris yang pertama kali mengemukakan pendapat tentang komputer yang dapat diprogram. Singkat cerita, Ada tertarik dengan program yang saat itu tengah dijalankan Babbage, yakni Difference Engine. Sebaliknya, Babbage juga kagum dengan intelektual dan bakat menulis Ada. Babbage bahkan memberikan julukan "The Enchantress of Numbers" pada Ada. Keduanya pun lantas menjalin kerjasama.

Program Yang Pertama dibuat oleh Ada
Kemudian Ada Lovelace membantu Babbage menulis program komputer pertama di dunia yang diciptakan lewat mesin ciptaan Babbage yang bernama Analytical Engine. Dalam hal ini, peran besar Ada adalah menerjemahkan memoar Luigi Menabrea, seorang matematikawan Italia. Ada juga menulis penjelasan awal tentang komputer dan software, serta menambahkan catatan mengenai metode kalkulasi nomor Bernoulli pada mesin yang dikembangkan Babbage tersebut. Karena hal itulah Ada dikenal sebagai programmer komputer pertama di dunia.

Namun peristiwa tersebut justru membuat persahabatan Ada dan Babbage retak. Babbage yang "tidak terima" meminta Ada untuk menarik kembali semua catatan dan karyanya itu, namun ditolak oleh Ada.

Akhir Masa Hidup Ada Lovelace
Ada ternyata mengidap Kanker rahim dan pendarahan yang pada akhirnya membuat Ada meninggal dunia pada tanggal 27 November 1852 di usia 36 tahun, sehingga Ada gagal melanjutkan pengembangannya seputar dunia komputer.

Meskipun gagal melanjutkan programnya, pada tahun 1980 Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamai bahasa pemrograman komputernya dengan nama "Ada" sebagai penghormatan pada Ada.
Tak hanya itu, British Computer Society pada 2008 rutin menggelar kompetisi ilmu komputer bagi siswa perempuan secara rutin tiap tahunnya dan menamai medalinya dengan nama "Ada".

Dan pada setiap pertengahan Oktober, digelar acara "Ada Lovelace Day", sebuah acara yang bertujuan untuk mengingkatkan kemampuan perempuan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, dan matematika.

Inilah Ada, seorang perempuan menciptakan program komputer pertama di dunia.


referensi : http://sidomi.com/147719/ada-lovelace/





Comments

Dudi said…
Jadi Bagai para Wanita tetap semangat mempelajari Bahasa Pemrograman karena ternyata Programer Pertama itu Peremupan. Nice

Popular posts from this blog

Teringat masa kecil di pangkalan susu..

Pangkalan susu Tahun 1916 (sumber : http://pangkalansusu.blogspot.com/2010/08/photo-photo-jadul.html) Sore ini, saat sedang melakukan pekerjaan rutin di kantor, saya teringat akan masa kecil di pangkalan susu, masa yang indah.. saya pejamkan sebentar mata ini dari penglihatan yang rutin, mengingat masa kecil.. ehhmmm... pangkalan susu.. kota kecil namun besar di hati saya.. saya besar disana, tinggal disana selama 9 tahun, walau sebentar tapi banyak kenangan indah yang tidak bisa di lupakan.. kota yang penuh keaneka ragaman suku.. berbeda bahasa, namun satu tempat tinggal.. saya tinggal di komplek perumahan pertamina, lingkungan perumahan para karyawan pertamina, saat itu pangkalan susu di kuasai oleh pertamina.. saat itu saya tinggal dijalan Deli, semoga teman-teman yang membaca blog ini dan kebetulan pernah tinggal di pangkalan susu tahun 1984 dan tinggal di jl. Deli, masih ingat saya.. Pangkalan susu.. yah semua ada di komplek tersebut, dari sekolahan hingga pasar ehh pajak, klo dis

Tugas 2 Pemrograman Web 1
Kelas VE Malam - UNPAM

Tugas 2 : Membuat website dengan menggunakan blogspot/blogger Buat blog semenarik mungkin dengan memanfaatkan fasilitas yang ada pada Blogspot.com Tugas ini adalah Tugas Kelompok, Max 4 org. Kumpulkan paling lambat Tgl. 14 Februari 2011 Kirimkan alamat Blog yang telah dibuat ke Email Saya : dedin.fathudin@yahoo.co.id yang harus ada pada blog tersebut antara lain : 1. Artikel kelompok. - Berisi nama-nama anggota kelompok anda. - Dengan format : Nama Anda - Nim Anda 2. Artikel tentang Pemrograman Web. - Artikel Minimal 3 Paragraph. 3. Tampilkan Widget Blog : - Arsip Blog - Jam (Boleh Analog atau Digital). - Kalender. - MP3 (seperti Winamp, lagunya boleh apa saja, Max 10 lagu) - Guest Book atau Buku Tamu (bebas mau pakai widget guest book apa saja, contoh seperti di blog ini). - Searching. Penulisan Pada Artikel : ~ selamat mengerjakan ~ ################################################################# Mahasiswa Kelas VE yang sudah mengerjakan TUGAS UAS :

Pemrograman Web 2 Untuk Kelas 7C Eksekutif (2013-2014) Unpam

Materi Pemrograman Web 2 Untuk Kelas  7C  Eksekutif  (2013-2014) Unpam. Pertemuan 1 Pertemuan 2 Pertemuan 3 Pertemuan 4 Pertemuan 5 Pertemuan 6 ################################################################################# Pertemuan 7   UTS  (Tgl.  07   -  06   -  2014 ) Pertemuan 8 Pertemuan 9 ################################################################################# Pertemuan 10   UAS (Tgl.  28   -  06   -  2014 )